Pahala Sempurna, Batal Umrah karena Corona

Oleh Syaikh Shalih Sa’ad bin Nashir asy-Syatsri hafizhahullahu ta’ala


Berkaitan dengan penangguhan umrah sementara ini, aku berikan kabar gembira kepada seluruh saudaraku yang mulia, bagi yang telah merencanakan untuk umrah ke Mekkah, ataupun ke Madinah untuk mengunjungi Masjid Nabawi, bahwa mereka telah mendapatkan pahala dalam rencananya. Pahala mereka insyaAllah dicatat sempurna tanpa berkurang sedikit pun.

Ilustrasi: Suasana Tawaf saat Umrah (Ramadhan 2019M) di Masjid al-Haram (Ka’bah, Mekkah)

Karena Nabi ﷺ pernah bersabda, “Apabila seorang hamba sakit atau safar, ia akan diberikan pahala sebagaimana saat ia sehat dan tidak safar.” (Lihat HR Bukhari no. 2996).

Dalam hadits lain, ketika Nabi ﷺ pulang dari perang tabuk, beliau ﷺ mengatakan kepada para sahabatnya, “Sesungguhnya di Madinah ada beberapa orang, setiap kali kalian menempuh perjalanan, setiap kali kalian mendaki lembah, mereka ikut mendapatkan pahalanya, mereka tidak ikut karena udzur.” (Lihat HR Bukhari no. 2893, Muslin no. 1911, dan Ibnu Majah no. 2765).

Atas dasar ini, aku berikan kabar gembira kepada saudara-saudaraku yang gagal umrah pada hari-hari ini, bahwa pahala mereka telah dituliskan secara sempurna. Allah jaga harta mereka, tidak perlu mengalokasikan untuk pesawat, transportasi maupun hotel. Dan mereka telah mendapat pahala atas rencana mereka dengan tanpa ada beban biaya, maupun tagihan walaupun hanya sedikit.

Oleh karena itu, selamat dengan pahala yang sempurna. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *