Kita butuh Mindset Jangka Panjang

Saya orangnya tidak sabaran dan pemalas.

Saya juga suka nonton TV atau YouTube seharian, makan junk food, tidur berlebihan di siang hari, dan begadang di malam hari. Bahkan, tak jarang saya tidur jam 2 pagi, dan bangun di siang hari.

Banyak orang menjalani hidup mereka seperti di atas. Memang, tak ada yang salah dengan itu. Kebahagiaan itu subyektif dan setiap orang punya jalan mereka masing-masing untuk merealisasikan kebahagiaan mereka. Namun, ada biaya yang harus mereka bayar. Jika saya ingin menghabiskan seluruh waktu saya sambil melahap banyak camilan atau bermalas-malasan, itu artinya saya mengorbankan waktu yang seharusnya bisa saya gunakan untuk mengembangkan usaha/bisnis saya.


Ilustrasi: melihat jauh ke masa depan

Okelah tak mengapa, itu hanya 1 hari, dan silakan saja. Tapi, saya tidak mendorong Anda untuk malas-malasan atau tidur saja di kasur/sofa seharian sambil nonton TV atau YouTube. Sebagai gantinya, yang ingin saya sampaikan, Anda harus bisa memahami dan memprediksikan dalam satu hari Anda itu untuk merencanakan perjalanan 5, 10, 20 tahun ke depan.

Maksudnya apa?! Saya punya kegiatan setiap hari! Saya juga akan sukses di tahun depan!

Saya hanya berharap Anda bisa bergegas! Kenyataannya adalah bahwa kebanyakan orang benar-benar akan berhenti berbisnis dalam setahun. Mereka menyadari bahwa bisnis itu tidak mudah. Meskipun dalam pikirannya selalu terlintas, “Sangat keren untuk menjadi wirausaha di zaman sekarang”. Itu yang semua orang inginkan. Sayangnya, hal itu tidak akan terjadi dalam sehari semalam.


Saya mendesak setiap pengusaha untuk merangkul perspektif jangka panjang mereka. Apakah Anda termasuk orang yang menginginkan kerja di rumah, tidak bermacet-macetan di jalan, di mana income atau pendapatan yang Anda dapatkan setidaknya sama atau bahkan melebihi dari orang-orang yang rela bermacet-macetan setiap hari di jalan? Itulah mindset yang harus Anda bangun dalam diri Anda.

Atau mungkin, jika Anda belum mampu berusaha, dan untuk menaikkan pendapatan, maka Anda harus bekerja di 2 atau lebih bidang pekerjaan yang berbeda. Namun, banyak orang yang menyerah di kondisi seperti itu. Mereka hanya melihat bahwa 2 pekerjaan berarti 2 kali pendapatan. Akan tetapi, pengusaha sejati memahami bahwa itu semua bersifat sementara.

Bekerja keras hari ini, besok, dan untuk beberapa tahun ke depan adalah hal kuno yang sudah harus Anda revisi dalam hidup Anda. Kenapa?! Karena berkerja keras hanya akan menghabiskan waktu dan tenaga Anda, semakin bertambahnya usia Anda, maka Anda akan semakin tidak produktif dalam bekerja. Di mana pun Anda bekerja, tidak akan ada perusahaan yang mau membayar lebih pekerjanya jika pekerja tersebut sudah semakin tidak produktif. Oleh karenanya, dengan bekerja cerdas lah Anda akan merasakan nikmatnya hidup, bukan hanya semata-mata mencari pendapatan dengan bekerja keras. Namun, Anda harus cerdas agar bisa membangun sesuatu untuk masa depan Anda, dalam hal ini adalah suatu sistem usaha atau bisnis. Itulah yang dinamakan long-term-mindset atau mindset-jangka-panjang.

Tetaplah belajar, kuatkan dan disiplinkan diri Anda untuk bisa membantu Anda sampai ke sana. Ya, ke masa di mana Anda sudah tidak perlu bekerja mencari pendapatan. Namun, segala kebutuhan bisa Anda penuhi. Ingat pepatah: Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian; bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Ini seperti Anda menanam suatu tanaman, di mana beberapa waktu ke depan Anda hanya tinggal memanen dan menikmatinya.


Ingat! Bukan kerja keras, melainkan kerja cerdas sebagai langkah awal Anda untuk bisa sukses di masa depan. Memang tidak akan mudah di masa sekarang, ketika Anda melihat teman-teman bersenang-senang hampir setiap hari. Namun, akan jauh lebih baik ketika Anda melihat mereka masih bekerja keras sambil bermacet-macetan di jalan pada hari Senin pagi 20 tahun mendatang, sementara Anda bangun dengan senyum lebar terukir di wajah Anda sambil melihat Istri dan anak-anak Anda yang juga tersenyum lebar melihat Anda. Ahh… What a life!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *