Jangan langsung mulai bisnis sebelum lakukan ini

Satu dari banyaknya kesalahan fatal seorang pengusaha adalah membuat solusi sebelum mereka mengidentifikasi masalah.

Mungkin Anda berpikir bahwa Anda memiliki ide yang sangat cemerlang, tapi apakah Anda sudah benar-benar melakukan riset bahwa ide Anda akan berhasil? Apakah benar-benar ada permintaan pasar? Apakah tidak ada perusahaan-perusahaan besar yang berusaha menyelesaikan permasalahan yang sama? Jika ya, mungkin Anda memiliki kesempatan. Jika tidak, mungkin Anda hanya akan membuang waktu dan uang Anda.

Jika Anda benar-benar ingin mencapai kesuksesan—dalam hal ini maksudnya kesuksesan dunia/finansial, hal pertama yang Anda butuhkan adalah mencari masalah untuk diselesaikan. Masalah tsb. sebagai dasar terbentuknya usaha/bisnis Anda.

Ilustrasi: luangkan waktu, cari masalah
Apa yang dibutuhkan + apa yang bisa Anda lakukan
Jika Anda sudah memiliki ide bisnis, mungkin Anda akan sangat bersemangat untuk segera merealisasikannya, tapi begitu banyak orang gagal dengan operasi yang tergesa-gesa karena tidak memiliki pondasi yang kuat atas dasar apa ide bisnis tsb. muncul.

Oleh karena itu, sebelum Anda memulai bisnis Anda, mundur satu langkah dan perhatikan baik-baik dua hal ini: permintaan pasar dan kemampuan Anda.

Pikirkan baik-baik tentang dua hal di atas. Anda butuh motivasi yang kuat atas kedua hal tsb. Pertama, apa yang membuat Anda bersemangat? Selanjutnya, apa yang dibutuhkan masyarakat atau target pasar Anda?

Ide bisnis yang muncul harus bisa memenuhi dua hal di atas. Jika Anda bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan pasar, tapi Anda tidak memiliki kemampuan akan hal itu, Anda hanya akan menyusahkan diri Anda. Sebaliknya, jika Anda menghasilkan suatu produk atau jasa, tapi tidak ada yang membutuhkan produk atau jasa yang Anda tawarkan, tentu Anda akan kesulitan mendapatkan penjualan dan profit.

Ilustrasi: riset permintaan pasar



Identifikasi masalah, ini yang harus Anda lakukan

Anda perlu menulis list/daftar masalah yang akan Anda selesaikan lengkap dengan solusi yang Anda tawarkan. Setelah itu, buatlah prioritas berdasarkan seberapa besar masalah yang bisa Anda selesaikan, dan pastikan selalu apakah Anda sanggup menyelesaikannya dengan kemampuan yang Anda miliki? Atau Anda juga bisa menentukan masalah yang paling cocok untuk Anda selesaikan dan yang memiliki peluang paling besar untuk permintaan pasar.


Kenali saingan Anda

Setelah Anda menentukan masalah yang akan Anda selesaikan, kemungkinan besar seseorang telah mencoba menyelesaikan masalah yang sama. Pelajari kembali apakah ada perusahaan yang gagal menyelesaikan masalah yang sama, dan cari tahu mengapa mereka gagal.

Anda dapat menggunakan informasi ini tidak hanya untuk menghindari kesalahan yang telah mereka lakukan. Tapi, untuk membawa bisnis Anda jauh lebih maju. Jika masih ada pesaing aktif di dalam bisnis yang sama, perhatikan baik-baik apa yang mereka tawarkan dan terutama perhatikan juga harganya. Untuk itu, Anda perlu tahu apakah Anda bisa melakukan lebih baik daripada pesaing Anda?


Kesimpulan

Baik, sampai sini dapat disimpulkan bahwa, sebelum Anda memulai bisnis, Anda perlu mendefinisikan masalah dan menjelaskan solusi terbaik yang Anda tawarkan. Di mana, dalam menentukan masalah, Anda harus cermat akan dua hal: permintaan pasar dan kemampuan Anda.

Lalu, jika Anda sudah memiliki masalah yang jelas, segera pelajari permintaan pasar. Jika memang masyarakat sangat membutuhkan, selanjutnya adalah kemas solusi terbaik yang Anda tawarkan menjadi sebuah produk atau jasa. Inilah langkah awal yang begitu banyak dilewati oleh para pengusaha di luar sana, yang mana banyak di antara mereka yang menemui titik kegagalan.

Semoga Anda bisa medapat manfaat dari tulisan singkat ini. Selalu ingat bahwa Rezeki Allah itu luas, dan jangan terlena dengan zona nyaman. Salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *