Gimana Cara Keluar dari Hutang dengan Tenang?

Kita langsung saja, bicara soal hutang, kebanyakan orang membagi hutang jadi dua jenis: hutang baik dan hutang buruk. Hutang baik itu hutang yang uangnya diputar untuk bisnis, hutang buruk itu hutang untuk hal-hal konsumtif. Tapi bagi saya, hutang itu ya hutang. Mau itu hutang baik, tetap saja hutang. Tentunya membuat tidur kita selalu tidak nyaman.

Kenapa? Karena kalau kita memiliki hutang, hidup kita itu penuh dengan tekanan. Hidup kita juga akan penuh dengan beban, yang ujung-ujungnya bisa membuat kita stres. Pada tulisan ini, saya akan memberikan Anda tips agar bisa keluar dari hutang dengan tenang.

Ilustrasi: Hutang melalui kartu kredit akhir-akhir ini semakin mudah, berhati-hatilah


Sebelumnya, penting untuk Anda perhatikan, Ada empat pilar utama yang tidak boleh terganggu jika Anda mau melunasi hutang Anda. Pilar pertama, masalah sandang atau pakaian sehari-hari. Jadi, mohon maaf, kalau sampai Anda punya hutang dan membeli baju yang layak saja tidak mampu, itu berarti kondisi Anda sudah parah. Tidak perlu membeli pakaian yang mahal, belilah yang layak pakai dan harganya terjangkau. Pilar kedua, masalah pangan. Jelas. Anda tetap harus bisa membeli makanan. Jangan sampai Anda tidak makan. Karena banyak orang yang mungkin hutangnya sudah terlalu banyak, stres, sampai tidak mau makan. Kalau Anda tidak makan, akhirnya Anda akan sakit. Kalau sudah sakit, bagaimana mau membayar hutang? Lebih parah lagi, ketika Anda sakit, bisa jadi biaya sakit Anda jauh lebih mahal, dan akhirnya Anda berhutang lagi sehingga semakin menumpuklah hutang Anda. Jadi, Anda harus memastikan untuk tetap bisa makan, meskipun tidak enak. Pilar ketiga, masalah papan. Papan di sini bukan berarti memiliki rumah sendiri. Tapi yang terpenting adalah tempat tinggal. Mungkin saat ini Anda belum mampu membeli rumah. Terlebih jika Anda hidup di kota besar, Anda cukup bisa tinggal di kos-kosan atau kontrakan. Jadi, pilar ketiga atau papan ini, tidak boleh terganggu. Pastikan Anda punya tempat tinggal, meskipun itu sederhana, sekadar untuk istirahat. Karena penting sekali Anda catat, tubuh dan otak Anda adalah aset terpenting Anda untuk membayar hutang. Lalu, pilar keempat, masalah transportasi. Maksud transportasi di sini bukan berarti Anda harus punya motor atau mobil untuk berangkat ke tempat kerja Anda setiap hari. Tetapi, kalau Anda tidak memiliki akses atau biaya transportasi, bagaimana Anda bisa membayar hutang? Anda bisa gunakan transportasi umum/publik atau apapun itu.

Sekarang, Anda akan belajar bagaimana cara untuk melunasi hutang. Gampang.

Caranya, penghasilan Anda dikurangi empat pilar di atas. Jika ada sisa, maka gunakan sisanya untuk melunasi hutang. Dapat dipastikan Anda akan bisa melunasi hutang Anda dengan tenang sambil Anda memikirkan cara bagaimana meningkatkan penghasilan Anda. Jadi, mungkin Anda tidak hanya tergantung pada gaji, atau katakan Anda bisa memiliki bisnis sampingan sehingga Anda bisa meningkatkan penghasilan Anda. Tapi perlu diingat, saat penghasilan Anda meningkat, jangan sampai empat pilar tersebut juga ikut meningkat, padahal hutang Anda belum lunas. Itu sangat tidak direkomendasikan. Jadi, pastikan empat pilar itu beres dengan sederhana atau secukupnya, tidak perlu sampai menyiksa diri Anda, dan kalau masih ada sisa, baru Anda gunakan untuk melunasi hutang.

Tapi, mungkin Anda bertanya, “Bagaimana kalau sudah dikurangi empat pilar itu, tapi tetap tidak ada sisa, saya harus bagaimana?” Nah, kalau begini, siapapun tidak bisa memberikan solusi. Artinya apa? Anda punya masalah yang sangat besar. Anda harus berpikir bagaimana cara untuk menurunkan empat pilar tersebut, atau tidak ada cara lain selain Anda harus meningkatkan penghasilan Anda. Jadi, kalau Anda tidak bisa mencukupi empat pilar ini, dapat dipastikan Anda akan melunasi hutang dengan perasan tidak tenang. Setiap hari Anda bawaannya stres, marah-marah, cemas, dll. Akhirnya Anda tidak bisa bekerja atau berusaha dengan tenang.

Kita ambil contoh, katakan sebuah meja memiliki 4 kaki. Jika salah satu kaki atau lebih itu rusak atau patah atau terganggu, maka meja itu tidak bisa stabil. Sama seperti Anda, Anda juga bisa tidak stabil. Kalau Anda adalah orang yang tidak stabil, niscaya hidup Anda tidak akan tenang. Ketika hidup Anda tidak tenang, bagaimana Anda mau melunasi hutang? Untuk mencukupi empat pilar itu saja tidak cukup. Tapi, kita harus bisa meyakinkan diri kita bahwa sebenarnya empat pilar tersebut tidak membutuhkan biaya yang besar. Ini hanya masalah mindset saja. Mau atau tidak, Anda menurunkan gaya hidup Anda yang tadinya mewah, menjadi lebih sederhana?

Saya berani jamin, niscaya jika Anda hidup secara sederhana, Anda tidak akan mati dalam kemiskinan atau kelaparan, dsb. Justru, banyak orang mati karena GENGSI.

Kalau hidupnya terlalu banyak gengsi, maka akhirnya membawa dia pada kematian yang sesungguhnya. Karena stres, setiap hari harus mengikuti gaya hidup.

Tapi, kalau hidup Anda sederhana dan tenang, bisa dipastikan Anda tidak akan stres. Anda tidak berhutang pada siapapun, dan kalaupun ada, Anda segera mampu melunasinya. Itu kuncinya.

Jadi, sahabat enterpreneur, demikian tips singkat bagaimana cara keluar dari hutang dengan tenang. InsyaAllah lain kali kita akan bahas tips menarik lainnya, seperti bagaimana cara meningkatkan penghasilan Anda. Di bawah ini spoiler bagaimana cara meningkatkan penghasilan Anda.

Ilustrasi: Hehehehe


Baik, bagaimanapun kondisi Anda saat ini, semoga Anda bisa segera melunasi hutang-hutang Anda.

Dan semoga Allah melancarkan rezeki Anda, memberikan Anda rezeki yang berkah, rezeki yang melimpah, dan rezeki yang bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam hebat luar biasa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *