3 Sebab Kenapa Uang Anda Cepat Habis

Oleh successbefore30



Yah, gimana mau ngomong ya? Namanya juga uang, kok cepat habis terus ya? Jadi, baru ada hari ini di kantong, eh besoknya sudah habis. Baru sebentar di tabungan, besok sudah habis. Jadi rekening tabungan cuma rekening transit. Akhirnya di tabungan cuma ada uang minimum saldo. Nah, inilah problem banyak orang di Indonesia maupun di dunia. Saya melakukan penelitian sederhana selama 20 tahun saya menggeluti bidang pengembangan diri. Saya juga mengamati sekurang-kurangnya ada tiga poin, yang menurut analisa saya mengapa uang seseorang itu cepat habis.

Ilustrasi: Uang Anda habis seperti terbakar


Yang pertama adalah, Anda kurang pendidikan finansial. Di Indonesia khususnya, pendidikan finansial ini masih sangat minim, padahal seharusnya sudah diajarkan di SD, bukan setelah Anda tamat kuliah ataupun SMA. Karena bayak sekali dari mereka itu bingung ketika menerima gaji pertama kali, “Kenapa kok gajinya cepat habis?” Lalu ketika ingin menikah, tidak punya uang.


Inilah masalah yang paling sering dihadapi. Jadi, masalah keuangan ini tidak pernah selesai. Akhirnya nanti setelah seorang tua dan mencapai masa pensiunnya, tetap tidak memegang uang. Kemudian mereka mengandalkan anaknya. Iya kalau anaknya bisa berbakti kepada orang tuanya, kalau tidak bisa? Anaknya punya kehidupan masing-masing. Akhirnya, masa tuanya sengsara. Kebanyakan orang seperti itu.

Masalah pendidikan finansial ini, jangankan Anda, para selebriti terkenal saja, seperti yang Anda ketahui, contoh Johnny Depp, salah satu film yang dibintanginya The Pirates of Carribean, kita tahu dia sedang mengalami masalah finansial yang cukup parah. Padahal penghasilannya sebagai bintang film itu sangat-sangat besar. Tetapi, berapapun penghasilannya, ternyata pengeluarannya jauh lebih besar. Di mana setiap hari dia harus menghabiskan uang puluhan ribu dollar (atau ratusan juta rupiah) untuk minuman saja. Menurut saya, seberapa besar penghasilannya, tapi jika pengeluarannya jauh lebih besar, itu sama saja dengan minus.

Ketika penghasilan Anda 10juta per bulan, habis juga, ketika penghasilan Anda naik menjadi 100juta per bulan, masih kurang juga, ketika 1miliar per bulan, kurang juga. Tahukah Anda masalahnya di mana? Itu karena tidak adanya pendidikan finansial.

Jadi, pastikan bahwa berapa banyak uang yang Anda hasilkan itu tidak menentukan berapa besar kekayaan Anda, tapi berapa banyak uang yang Anda simpan. Itu yang paling dasar.

Lalu, yang kedua mengapa uang seseorang itu cepat habis adalah, Anda tidak terbiasa memegang uang banyak. Contohnya Anda mungkin terbiasa memiliki penghasilan 500ribu per bulan. Tiba-tiba hari ini Anda memegang uang 10x lipat dari biasanya, yaitu 5juta. Kemudian, Anda kelabakan atau bingung dengan uang 5juta ini harus diapakan. Akhirnya Anda mulai gatal, panas, teman-teman Anda mulai datang, Anda mulai traktir sana-sini, belanja sana-sini, padahal itu tidak Anda perlukan. Karena Anda pengang uang banyak. Akhirnya uang Anda ujung-ujungnya tidak jauh berbeda dengan 500ribu. Padahal dengan penghasilan 500rb per bulan, Anda butuh waktu 10 bulan untuk mengumpulkan uang 5juta. Tapi kenapa, dalam sekejap Anda bisa menghabiskan uang 5juta tersebut? Akhirnya Anda stres. Dulu saat tidak memiliki uang banyak, Anda tidak stres seperti sekarang saat memiliki uang banyak. Masalahnya ada di mana?

Jadi, masalahnya adalah bukan di jumlah uangnya, tapi masalahnya adalah ada yang salah dengan cara berpikir Anda. Akhirnya, ini yang menjadikan Anda saat ini jika memiliki uang berapapun, pasti akan habis. Tidak salah dengan uang yang banyak, tapi dengan uang yang banyak, Anda harus sangat bijak. Anda juga harus belajar bagaimana mengunci penghasilan Anda. Dengan mengunci penghasilan ini, niscaya uang Anda tidak akan cepat habis. Karena uang itu seperti asap, kalau Anda tidak segera lakukan sesuatu, asap ini akan menguap begitu cepat.

Lalu, yang ketiga mengapa uang seseorang itu cepat habis adalahdan ini adalah yang paling susahkena tipu. Karena saya banyak mendapatkan curhatan dari para TKI, ketika mereka telah memiliki banyak uang hasil bekerja bertahun-tahun di luar negeri, sesampainya di Indonesia dalam sekejap uangnya bisa hilang. Kenapa bisa? Kena tipu. Pulang ditawari pekerjaan, atau ditawari simpanan dana di koperasi, ujung-ujungnya money game, penggandaan uang, dsb. Nah, ini kembali lagi ke poin pertama, kurangnya pendidikan finansial. Akhirnya, kalau sudah seperti ini, stres dan tidak heran jika mereka berhutang sana-sini untuk memenuhi kebutuhannya. Tidak dipungkiri, akhirnya mereka terjebak pada lingkaran setan, bekerja ke luar negeri lagi untuk mengganti hutangnya. Tapi, mau sampai kapan?

Sama juga kasusnya seperti pensiunan. Katakan setelah Anda bekerja seumur hidup, puluhan tahun, baik itu sebagai PNS, TNI, Polri, atau Pegawai Swasta, Anda mendapatkan dana pensiunan. Ketika Anda mendapatkan dana pensiunan yang cukup besar, ratusan juta bahkan sampai miliaran, tiba-tiba kena tipu. Usaha ini itu, ditawari ini itu, ujung-ujungnya kena tipu. Akhirnya, sebanyak apapun uang Anda, tetap cepat habis juga.

Sekali lagi, saran saya, simpanlah uang Anda dengan benar. Baik, karena topik kita kali ini adalah sebab kenapa uang Anda cepat habis atau menguap. Jadi, selama ini uang Anda menguap ke mana saja? Sebisa mungkin, Anda catat pengeluaran Anda dengan baik.

Demikian tips dari saya kali ini, semoga bisa menginspirasi Anda. Sukses untuk Anda, salam hebat luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *